Dalam matematika, sebuah lokus (dari kata Latin locus yang berarti "tempat", loci jika jamak) adalah sekumpulan titik-titik dengan sifat-sifat yang sama. Istilah 'lokus' biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah figur kontinu, atau kurva. Sebagai contoh, garis adalah lokus titik-titik yang menghubungkan dua titik tetap atau dua garis paralel dengan jarak terpendek.
Untuk menentukan suatu lokus:
1.      Tentukan apa yang diketahui dan syarat apa yang harus dipenuhi
2.      Tentukan beberapa titik yang memenuhi syarat yang memperhatikan bentuk dari lokus
3.      Hubungkan titik-titik tersebut dan gambarkan lokusnya secara lengkap. 

LOKUS DEGENERAT. Lokus dari suatu persamaan f(x,y) = 0 disebut lokus degenerat, jika f(x,y) adalah hasil kali dari dua kali atau lebih faktor real g(x,y), h(x,y),.... 

INTERSEP. Intersep suatu lokus dengan sumbu koordinat adalah jarak lurus dari tiitk adal ke titik perpotongan antara lokus dan sumbu koordinat tersebut. Untuk menentukan intersep x, tetapkan y = 0 dalam persamaan lokus dan carilah nilai x, dan untuk menentukan intersep y, tetapkan x = 0 dan carilah nilai y. 

SIMETRI. Dua titik P dan Q dikatakan simetris terhadap suatu titik R jika R adalah titik tengah dari ruas garis PQ (Lihat gambar 1). Masing-masing titik tersebut disebut titik simetris dari titik yang lainnya terhadap titik R, pusat simetris.
Dua titik P dan Q dikatakan simetris terhadap garis l jika garis l tegak lurus di tengah-tengah ruas garis PQ (lihat gambar 2). Masing-masing titik P dan Q disebut titik simetri dari titik yang satu lagi terhadap garis l, sumbu simetri.

Suatu lokus dikatakan simetris terhadap titik R atau terhadap garis l jika titik simetris terhadap R atau l dari setiap titik pada lokus juga merupakan titik pada fokus. (Lihat gambar 3 dan gambar 4).

SISTEM DARI SUATU LOKUS
ž Lokus dari persamaan yang diketahui f(x,y)=0 adalah simetris terhadap sumbu x jika diperoleh persamaan yang ekuivalen apabila y diganti dengan –y
ž dan simetri terhadap sumbu y jika diperoleh persamaan ekuivalen apabila x diganti –x
ž dan simetris terhadap titik asal jika diperoleh persamaan yang ekuivalen apabila x diganti dengan –x dan y diganti dengan -y