A. Pendidikan Zaman Hindu/Budha

Tujuan Pendidikan
Identik dengan tujuan hidup yaitu manusia hidup untuk mencapai moksa bagi agama Hindu, dan manusia mencapai nirwana bagi agama Budha.

Sifat Pendidikan
1.       Informal
2.       Berpusat pada religi
3.       Penghormatan yang tinggi terhadap guru
4.       Aristokrasi

Jenis Pendidikan
1.       Pendidikan Intelektual
2.       Pendidikan Kesatriaan
3.       Pendidikan Keterampilan

Lembaga Pendidikan
1.       Pecatrikan/ Padepokan
2.       Pura
3.        Pertapaan
4.       Keluarga

B. Pendidikan Zaman Islam

Dasar / Tujuan Pendidikan
Dasar pendidikan ialah ajaran Islam, yang mengandung kerangka Iman, Islam dan Ikhsan. Tujuan Pendidikan dalam islam haruslah dalam rangka meningkatkan pengabdian manusia kepada Allah.

Lembaga pendidikan
1.       Langgar
2.       Pondok Pesantren

Metode Pendidikan
1.       Metode Sorongan (Individual)
2.       Metode Halaqal / Palagan

Ciri-ciri Pendidikan
1.       Pendidikan bersifat religius
2.       Guru tidak memperoleh bayaran
3.       Pendidikan Islam bersifat demokratis
C. Pendidikan Zaman Pendudukan Asing

a. ZAMAN VOC

Dasar dan Tujuan Pendidikan
Yang menjadi dasar pendidikan adalah agama Kristen Protestan. Adapun tujuan pendidikan adalah:
·         Untuk mengembangkan ajaran Kristen Protestan
·         Pendidikan yang diberikan kepada bumi putra untuk mendapatkan tenaga pembantu yang murah, yang dapat dipekerjakan di VOC

Jenis-Jenis Sekolah
1. Pendidikan Dasar
2. Sekolah Latin
3. Seminarium Theologica
4. Akademi Pelayaran (Academic der Merine)

B. ZAMAN PEMERINTAHAN HINDIA-BELANDA
Ciri Persekolahan
1. Sekolah bersifat dualistis
2. Sekolah bersifat sekuler
3. Sekolah didasarkan kepada kebudayaan Barat
4. Sekolah pemerintah kurang memperhatikan pendidikan kaum wanita

Jenis-Jenis Sekolah
1. Sekolah untuk orang Eropa
2. Sekolah untuk Bumi Putra
3. Sekolah Kejuruan

C. PENDIDIKAN HINDIA BELANDA SEJAK 1900
Landasan dan Tujuan Pendidikan
Sebagai pengaruh dari gerakan politik etis, maka arah etis (etische koers) dijadikan landasan dalam menentukan kebijakan dan langkah-langkah pendidikan. Tujuan pendidikan tidak pernah dinyatakan secara eksplisit. Tapi pada dasarnya diarahkan untuk memenuhi keperluan tenaga buruh demi kepentingan kaum bermodal Belanda.

Jenis-Jenis Persekolahan
1. Pendidikan Rendah (Lager Onderwijs)
2. Pendidikan Lanjutan / Menengah (Middelbaar Onderwijs)
3. Pendidikan Kejuruan (Vakonderwijs)
4. Pendidikan Tinggi (Hooger Onderwijs)





D. PENDIDIKAN SWASTA OLEH BUMI PUTRA

A.     MUHAMMADIYAH

Dasar dan Tujuan Pendidikan Muhammadiyah
- Dasar Pendidikan
Yang menjadi dasar pendidikan Muhammadiyah ialah ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.

- Tujuan Pendidikan
1. Mengembalikan amal dan perjuangan umat pada sumber Al-Qur’an dan Sunnah
2. Menafsirkan ajaran-ajaran Islam secara modern
3. Memperbaharui sistem pendidikan Islam secara modern sesuai kemajuan zaman
4. Membebaskan umat dari ikatan-ikatan tradisional, konsevatif, taqlidisme, yang membelenggu kehidupan umat.

Jenis-Jenis Sekolah
1.       Al-Qismul Arqo didirikan pada tahun 1921,dirubah menjadi Hooger Muhammadiyah School, dimana pada tahun 1923 menjadi Kweekschool Islam. Pada tahun 1924 sekolah tersebut dipisah antara murid laki-laki dan perempuan, yang akhirnya pada tahun 1932 menjadi Muallimien Muhammadiyah (Sekolah Guru Islam Putra), dan Muallimat Muhammdiyah (Sekolah Guru Muhammadiyah Putri).
2.       Taman kanak-kanak Muhammadiyah (Bustanul Athfal) didirikan pada tahun 1926,
3.       Selanjutanya Muhammadiyah mendirikan sekolah-sekolah seperti: HIS, Volschool, Verpolgschool, Schakelschool.

B. TAMAN SISWA
Azaz, Dasar, dan Tujuan Pendidikan
- Azaz Pendidikan
1.       Hak seseorang untuk mengatur dirinya sendiri dengan tertibnya persatuan dalam perikehidupan umum (maatschappelijke saamhoorigheid)
2.       Pelajaran berarti mendidik anak akan menjadi manusia yang merdeka batinya, merdeka pikiranya, dan merdeka tenaganya
3.       Pendidikan berdasarkan kebudayaan sendiri
4.       Pendidikan ditujukan kepada golongan rakyat yang terbesar
5.       Pelaksanaan pendidikan didasarkan kekuatan sendiri
6.       Pendidikan harus dipikul sendiri dengan pendapatan uang biasa
7.       Pendidikan harus mengabdi pada seng anak

Dasar Pendidikan
Yang menjadi dasar pendidikan Taman Siswa ialah Panca Dharma
1.       Kodrat alam
2.       Kemerdekaan
3.       Kebangsaan
4.       Kebudayaan
5.       Kemanusiaan
Tujuan Pendidikan
Untuk mendidik anak agar percaya kepada kekuatan sendiri tidak menggantungkan diri kepada orang lain, dan atas dasar budaya bangsa sendiri\

Jenis-Jenis Pendidikan
Taman Siswa terdiri dari :
1. Taman Indria
2. Taman Anak
3. Taman Dewasa
4. Taman Madya
5. Taman Guru

E.INS (INDONESIA NEDERLANDSCHE SCHOOL)

Dasar Dan Tujuan INS
Dasar pendidikan INS(Ag. Soejono,1979) adalah :
- Berpikir logis dan rasional
1. Keaktifan atau kegiatan
2. Pendidikan kemasyarakatan
3. Memperhatikan bakat anak
4. Menentang intelektualisme
5. Pendidikan keindahaan diperlukan sungguh-sungguh
6. Rasa tanggungjawab dikembangkan dalam berbagai keaktifan
7. Peranan keagamaan diberi kesempatan berkembang luas

- Tujuan pendidikan
1.       Mendidik rakyat ke arah kemerdekaan
2.       Memberi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
3.       Mendidik para pemuda agar mereka berguna bagi masyarakat
4.       Menanamkan kepercayaan terhadap dirinya sendiri dan berani bertanggungjawab
5.       INS harus dapat membiayai dirinya sendiri dan tidak mau menerima sokongan yang dapat mengurangi kebebasan bergerak dalam usahanya

Jenis Sekolah
1. Ruang reda (Sekolah dasar) 7 tahun
2. Ruang antara 1 tahun
3. Ruang dewasa 4 tahun
4. Ruang masyarakat 1 tahun

F. MASA PENDUDUKAN JEPANG
Landasan dan Tujuan Pendidikan
Landasan idiil pendidikan zaman Jepang disebut Hakko Ichiu, yaitu bangsa Indonesia berkerjasama dengan bangsa Jepang dalam rangka mencapai kemakmuran bersama Asia Raya. Tujuan pendidikannya adalah menyediakan tenaga sukarela dan prajurit-prajurit untuk membantu peperangan bagi kemenangan Jepang.

Jenis Persekolahan
1. Sekolah Rakyat 6 tahun (Kokumin Gakko)
2. SMP 3 tahun (Koto Chu Gakko)
3. Sekolah Menengah Tinggi 3 tahun (Kogya Semmon Gakko)
4. Dan mendirikan Sekolah Pelayaran dan Sekolah Pelayaran Tinggi