SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

A.    Identitas
1.      Nama Mata Kuliah                  : Matematika Diskrit
2.      Jumlah SKS                            : 3 SKS
3.      Semester                                  : 5 (Ganjil)
4.      Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keahlian (MKK) Program Studi

B.     Tujuan
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa  memiliki  pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam mata kuliah matematika diskrit.

C. Strategi Pembelajaran
1. Metode        : Diskusi dan  tanya jawab.
2. Evaluasi       : Tugas, quis, UTS, dan UAS.
3. Media          : Buku sumber, white board, spidol, power point, komputer, dan LCD.

D.    Referensi
1.      Munir, R. (2005). Matematika Diskrit. Bandung: Informatika Bandung.
2.      Suryadi, D. (1994). Matematika Diskrit. Jakarta : Universitas Terbuka.

E.     KEGIATAN
Minggu ke
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Belajar
Tugas
4
·   Letis
·   Subletis
·   Hasil kali letis
·   Homomorfisma letis
·   Isomorfisma Letis
Setelah mempelajari sub bab ini mahasiswa dapat :
·         Mengidentifikasi poset yang termasuk ke dalam letis
·         Mengidentifikasi subletis-subletis dari sebuah letis
·         Menentukan hasil kali dua buah letis
·         Menentukan homomorfisma letis dari dua buah letis
·         Menentukan isomorfisma letis dari dua buah letis
Latihan soal dari lembar kerja

Pendahuluan
1.      Dosen menyampaikan judul materi pelajaran hari ini
2.      Memotivasi mahasiswa dengan mengajukan pertanyaan mengenai poset, suprimum dan infimum

Penyajian
1.      Dengan menggunankan Power point, Dosen menjelaskan pengertian Letis dan diaram hasse letis
2.      Mahasiswa memperhatikan penjelasan dosen mengenai pengertian Letis dan diagram hasse letis
3.      Dosen menjelaskan contoh soal Letis dan diagram hasse letis
4.      Mahasiswa memperhatikan penjelasan dan  mengajukan pertanyaan jika belum paham.
5.      Mahasiswa mengerjakan contoh soal mengenai letis dan diagram suatu letis
6.      Mahasiswa bersama dosen  membahas mengenai Letis dan diagram suatu letis
7.      Dosen menjelaskan subletis dari sebuah letis
8.      Mahasiswa memperhatikan penjelasan dan  mengajukan pertanyaan jika belum paham.
9.      Mahasiswa mengerjakan contoh soal mengenai subletis dari sebuah letis
10.  Mahasiswa bersama dosen  membahas mengenai subletis dari sebuah letis
11.  Dosen menjelaskan mengenai hasil kali dua buah letis
12.  Mahasiswa memperhatikan penjelasan dan  mengajukan pertanyaan jika belum paham.
13.  Dosen menjelaskan mengenai homomorfisma letis dari dua buah letis
14.  Dosen menjelaskan mengenai isomorfisma letis dari dua buah letis
15.  Mahasiswa dan dosen menarik kesimpulan dari hasil Letis, subletis, hasil kali letis, homomorfisma letis, dan isomorfisma letis.


Penutup
1.      Dosen memberikan soal evaluasi mengenai Letis, subletis, hasil kali letis, homomorfisma letis, dan isomorfisma letis.
2.      Mahasiswa mengerjakan soal evaluasi mengenai Letis, subletis, hasil kali letis, homomorfisma letis, dan isomorfisma letis.
3.      Dosen menyampaikan materi pertemuan berikutnya adalah aljabar Boole